Elemen Primary Health Care #Materi Kespro

Lanjutan 2
Delapan elemen esensial dari pendekatan PHC merefleksikan prioritas yang telah diidenifikas pada tahun 1978 di Alma Ata, antara lain :
1.       Pendidikan mengenai masalah kesehatan dan cara pencegahan penyakit serta pegendaliannya.
Di Negera berkembang,penekanan dikhususkan pada masalah kesehatan yang terkait dengan kekerasan (pembunuhan, bunuh diri, kekerasan dalam rumah tanggameksploitasi seks), gaya hidup tidak sehat, penyalahgunaan zat berbahaya oleh anak-anak, peningkatan para tuna wisma dan penyakit HIV/AIDS.
        Pendidikan diperlukan untuk mengenali dan mencegah masalah kesehatan yang sedang terjadi dimasyarakat, perugas kesehatan yang professional harus dapat mengenal dan menanggani masalah tersebut dengan melakukan pengamatan yang cermat danmendengarkan keluhan masyarakat.

2.       Peningkatan penyediaan makanan dan perbaikan gizi
Karena adanya hubungan langsung antara gizi dan penyakit, perhatian terhadap keamanan pangan bagi masyarakat sangat penting. Keamanan pangan telah menjadi persoalan krisis di banyak Negara di dunia ditambah lagi masalah kependudukan yang semakin memperburuk situasi seperti kemarau dan keterbelakangan.

3.       Penyediiaan air bersih dan sanitasi dasar yang adekuat
Penyediaan air bersih dan bebas sampah merupakan hak yang esensial dalam kesehatan dan kesejahteraan rakyat dan untuk beberapa tahun telah banyak kemajuan dalam keterjangkauan air bersih dan sanitasi dasar yang adekuat. Satu halyang amat penting bahwa semua anggota masyarakat harus secara sadar mengembangkan dan memlihara mutu air tersebut untuk kepentingan rumah tangga dan kepentingan bersama.

4.       Pelayanan kesehatan ibu dan anak termaksud pelayanan keluarga berencana.
Di Negara yang masih berkembang seperti Indonesia, tingginya angka kematian ibu, tingginya angkakesakitan ibu, tingginya angka kematian bayyi merupakan latar belakang dari pentingnya upaya pemeliharaan kesehatan ibu dan anak.
Didalam upaya pemeliharaan kesehatn ibu dan nak ini dilakukan berbagai upaya pelayaan kesehatan yang ditunjukan khususnya bagi ibu hamil, bayi dan anak-anak sampai usia 6 tahun yang disebut juga anak-anak prasekolah yang berada dalam keadaan sehat.

5.       Imunisasi terhadap penyakit-penyakit infeksi utama
Langkah besar telah dilakukan dalam program imunisasi anak-anak didunia dalam melawan 6 penyakit yyang dapat dicegah denngan vaksin. Penyakitinfeksi banyak menyebabkan kematian. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kuman yang menyerang tubuh. Tubuh bias melinduungi diri dari kuman bila orang teersebut diimunisasi.

6.       Penatalaksanaan yang tepat penyakit-penyakit umum dengan menggunakan teknologi yang tepat.
Pada semua tingkatan, ketepatan pelaksanaan kasus-kasus penyakit umum tergantung pada ketepatan bauran para petugas kesehatan. Tim kesehatan PHC bukan saya meliputi tenaga dokter, perawat, bidan dan tenaga pembantu lainnya tetapi juga petugas kesehatan masyarakat dan praktisi pengobatan tradisional. 

7.       Promosi kesehatan mental
Kehidupan modern dapat menimbulkan situasi yang membuat orang semakin stress dan menyebabkan ganggun mental. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakuakn pengobatan secara menyeluruh bagi penderita gangguan mental serius dan persisten. Selain itu juga dapat diberikan promosi kesehatan mental dengan begitu diharapkan masyarakat dapat memperbaiki kesehatan jiwanya agar tercapai kesehatan yang optimal baik fisik maupunjiwanya. 

8.       Penyediaan obat-obat esensial
WHO telah lama menyakini bahwa penyediaan obat-obatan sesensial yang adekuat dengan harga terjangkau oleh masyarakat merupakan hal yang sangat penting untuk suksesnya program PHC. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar